Minggu, 29 April 2012

Jumat, 20 April 2012

RP (MAT)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas / Semester        : I / I
Waktu                         : I x pertemuan
Hari / Tanggal             :
Tempat Pelaksanaan  :

I.                    Standar Kompetensi
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
A.      Kompetensi Dasar
2.2. Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
B.      Indikator
a.      Melalui penjelasan guru tentang benda siswa dapat menyebutkan berapa lama suatu kejadian berlangsung
b.      Melalui demontrasi dengan menggunakan jam siswa dapat membaca waktu dengan benar
c.       Melalui Tanya jawab tentang kegiatan sehari -  hari siswa menyebutkan contoh kegiatan yang berlangsung lama atau sebentar.

II.                  Kegiatan Belajar Mengajar
A.      Materi Pelajaran
1.      Suatu Pengukuran
2.      Membaca tanda waktu jam
B.      Metode
1.      Ceramah
2.      Demontrasi
3.      Pemberian Tugas
4.      Tanya Jawab

C.       Media dan Sumber
1.      Media
- Gambar kegiatan orang
- Jam
2.      Sumber
-          Joko Sugiarto 2007, Matematika kelas I, Jakarta, Erlangga hal 75 – 78
-          Buchori 2006, Matematika kelas I, Semarang, Aneka Ilmu hal 104 – 107

D.     Langkah- Langkah Pembelajaran
1.      Pra KBM
a.      Mempersiapkan alat dan media belajar
b.      Mengabsen siswa
2.      Kegiatan awal
Memberikan Apersepsi
-          Kamu berangkat daari rumah pukul berapa ?
-          Pukul berapa kamu sampai disekolah?
Meja termasuk benda
3.      Kegiatan Inti
a.      Secara klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru tentang berapa lama waktu yang digunakan untuk kegiatan
b.      Secara individu siswa dan guru,bertanya jawab tentang cara membaca jam
c.       Secara berkelompok siswa melakukan Demontrasi cara menunjukan perputaran jam.


4.       Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran
b.      siswa mengerjakan tes formatif
c.       mengoreksi hasil pekerjaan siswa
d.      menganalisa hasil tes


5.      Tindak Lanjut
a.      Apabila 85% siswa telah memperoleh nilai …….. atau lebih KKM = …………., maka diberikan pengayaan
b.      Apabila 85% siswa belum memperoleh nilai maka diberikan perbaikan pada indikator yang belum tercapai.



III.                Evaluasi
A.      Prosedur
1.      Tes awal    :
2.      Tes proses             : ada pada kegiatan inti
3.      Tes akhir   : ada pada kegiatan akhir
B.      Jenis Tes
1.      Lisan
2.      Tertulis
C.      Bentuk Tes
1.      Obyektif ( pilihan ganda )
2.      Subyektif ( isian , jawaban singkat )
D.     Alat Tes
Lembar soal terlampir
E.      Kunci Jawaban
F.       Criteria Penilaian

teguh.gooo@gmail.com sirangkang





RP (IPA)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester        : I / I
Waktu                         : I x pertemuan
Hari / Tanggal             :
Tempat Pelaksanaan  :

I.                    Standar Kompetensi
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan
A.      Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi benda yang ada dilinkungan sekitar berdasarkan cirri cirinya malului pengamatan
B.      Indikator
a.      Melalui penjelasan guru tentang benda siswa dapat menyebutkan benda padat, benda cair dan benda gas
b.      Melalui eksperimen es , dipanaskan siswa dapat menjelaskan perubahan benda padat menjadi cair

II.                  Kegiatan Belajar Mengajar
A.      Materi Pelajaran
1.      Macam – macam benda padat, cair, gas
2.      Perubahan padat menjadi cair
B.      Metode
1.      Ceramah
2.      eksperimen
3.      Pemberian Tugas
4.      Tanya Jawab

C.       Media dan Sumber
1.      Media
a.      Kapur, Meja, Es, Air, Gelas, Bensin
2.      Sumber
Sholehudin, S.Pd.,M.M 2008,IPA ABI, Diknas, Jakarta: hal 64-67
D.     Langkah- Langkah Pembelajaran
1.      Pra KBM
a.      Mempersiapkan alat dan media belajar
b.      Mengabsen siswa
2.      Kegiatan awal
Memberikan Apersepsi
Meja termasuk benda
3.      Kegiatan Inti
a.      Secara klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru tentang benda Padat , Cair Dan Gas
b.      Secara individu siswa dan guru,bertanya jawab tentang perubahan benda padat menjadi cair
c.       Secara berkelompok siswa melakukan eksperimen benda, padat menjadi cair untuk membutktikannya
4.       Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran
b.      siswa mengerjakan tes formatif
c.       mengoreksi hasil pekerjaan siswa
d.      menganalisa hasil tes


5.      Tindak Lanjut
a.      Apabila 85% siswa telah memperoleh nilai …….. atau lebih KKM = …………., maka diberikan pengayaan
b.      Apabila 85% siswa belum memperoleh nilai maka diberikan perbaikan pada indikator yang belum tercapai.



III.                Evaluasi
A.      Prosedur
1.      Tes awal    :
2.      Tes proses             : ada pada kegiatan inti
3.      Tes akhir   : ada pada kegiatan akhir
B.      Jenis Tes
1.      Lisan
2.      Tertulis
C.      Bentuk Tes
1.      Obyektif ( pilihan ganda )
2.      Subyektif ( isian , jawaban singkat )
D.     Alat Tes
Lembar soal terlampir
E.      Kunci Jawaban
F.       Criteria Penilaian



I.                    Pilihlah jawaban yang benar!
1.      Kapur termasuk benda…
a.      padat
b.      cair
c.       gas
2.      air termasuk benda
a.      padat
b.      cair
c.       gas
3.      air bila didinginkan akan berubagh menjadi …
a.      gas
b.      cair
c.       padat
II.                  Isilah titik- titik dengan benar
1.      Perubahan es menjadi air disebut….
2.      Siruf, kecap , disebut benda ….
III.                Jawablah dengan benar
1.      Sebutkan 2 benda benar


Kunci Jawaban!
I.                    1. a.        2. b.     3. c.
II.                  1. mencair
2.                         cair
III.                i. kapur
ii. batu