Minggu, 29 April 2012
Jumat, 20 April 2012
RP (MAT)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : I / I
Waktu :
I x pertemuan
Hari / Tanggal :
Tempat Pelaksanaan :
I.
Standar Kompetensi
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
A.
Kompetensi
Dasar
2.2. Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
B.
Indikator
a.
Melalui
penjelasan guru tentang benda siswa dapat menyebutkan berapa lama suatu
kejadian berlangsung
b.
Melalui
demontrasi dengan menggunakan jam siswa dapat membaca waktu dengan benar
c.
Melalui
Tanya jawab tentang kegiatan sehari -
hari siswa menyebutkan contoh kegiatan yang berlangsung lama atau
sebentar.
II.
Kegiatan Belajar Mengajar
A.
Materi
Pelajaran
1.
Suatu
Pengukuran
2.
Membaca
tanda waktu jam
B.
Metode
1.
Ceramah
2.
Demontrasi
3.
Pemberian
Tugas
4.
Tanya
Jawab
C.
Media dan Sumber
1.
Media
- Gambar kegiatan orang
- Jam
2.
Sumber
-
Joko
Sugiarto 2007, Matematika kelas I, Jakarta, Erlangga hal 75 – 78
-
Buchori
2006, Matematika kelas I, Semarang, Aneka Ilmu hal 104 – 107
D.
Langkah-
Langkah Pembelajaran
1.
Pra
KBM
a.
Mempersiapkan
alat dan media belajar
b.
Mengabsen
siswa
2.
Kegiatan
awal
Memberikan Apersepsi
-
Kamu
berangkat daari rumah pukul berapa ?
-
Pukul
berapa kamu sampai disekolah?
Meja termasuk benda
3.
Kegiatan
Inti
a.
Secara
klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru tentang berapa lama waktu yang
digunakan untuk kegiatan
b.
Secara
individu siswa dan guru,bertanya jawab tentang cara membaca jam
c.
Secara
berkelompok siswa melakukan Demontrasi cara menunjukan perputaran jam.
4.
Kegiatan Akhir
a.
Siswa
dan guru menyimpulkan materi pelajaran
b.
siswa
mengerjakan tes formatif
c.
mengoreksi
hasil pekerjaan siswa
d.
menganalisa
hasil tes
5.
Tindak
Lanjut
a.
Apabila
85% siswa telah memperoleh nilai …….. atau lebih KKM = …………., maka diberikan
pengayaan
b.
Apabila
85% siswa belum memperoleh nilai maka diberikan perbaikan pada indikator yang
belum tercapai.
III.
Evaluasi
A.
Prosedur
1.
Tes
awal :
2.
Tes
proses : ada pada kegiatan
inti
3.
Tes
akhir : ada pada kegiatan akhir
B.
Jenis
Tes
1.
Lisan
2.
Tertulis
C.
Bentuk
Tes
1.
Obyektif
( pilihan ganda )
2.
Subyektif
( isian , jawaban singkat )
D.
Alat Tes
Lembar soal terlampir
E.
Kunci
Jawaban
F.
Criteria
Penilaian
teguh.gooo@gmail.com sirangkang |
RP (IPA)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : I / I
Waktu :
I x pertemuan
Hari / Tanggal :
Tempat Pelaksanaan :
I.
Standar Kompetensi
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan
A.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi benda yang ada dilinkungan sekitar berdasarkan cirri
cirinya malului pengamatan
B.
Indikator
a.
Melalui
penjelasan guru tentang benda siswa dapat menyebutkan benda padat, benda cair
dan benda gas
b.
Melalui
eksperimen es , dipanaskan siswa dapat menjelaskan perubahan benda padat
menjadi cair
II.
Kegiatan Belajar Mengajar
A.
Materi
Pelajaran
1.
Macam
– macam benda padat, cair, gas
2.
Perubahan
padat menjadi cair
B.
Metode
1.
Ceramah
2.
eksperimen
3.
Pemberian
Tugas
4.
Tanya
Jawab
C.
Media dan Sumber
1.
Media
a.
Kapur,
Meja, Es, Air, Gelas, Bensin
2.
Sumber
Sholehudin, S.Pd.,M.M 2008,IPA ABI, Diknas, Jakarta: hal 64-67
D.
Langkah-
Langkah Pembelajaran
1.
Pra
KBM
a.
Mempersiapkan
alat dan media belajar
b.
Mengabsen
siswa
2.
Kegiatan
awal
Memberikan Apersepsi
Meja termasuk benda
3.
Kegiatan
Inti
a.
Secara
klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru tentang benda Padat , Cair Dan Gas
b.
Secara
individu siswa dan guru,bertanya jawab tentang perubahan benda padat menjadi
cair
c.
Secara
berkelompok siswa melakukan eksperimen benda, padat menjadi cair untuk
membutktikannya
4.
Kegiatan Akhir
a.
Siswa
dan guru menyimpulkan materi pelajaran
b.
siswa
mengerjakan tes formatif
c.
mengoreksi
hasil pekerjaan siswa
d.
menganalisa
hasil tes
5.
Tindak
Lanjut
a.
Apabila
85% siswa telah memperoleh nilai …….. atau lebih KKM = …………., maka diberikan
pengayaan
b.
Apabila
85% siswa belum memperoleh nilai maka diberikan perbaikan pada indikator yang
belum tercapai.
III.
Evaluasi
A.
Prosedur
1.
Tes
awal :
2.
Tes
proses : ada pada kegiatan
inti
3.
Tes
akhir : ada pada kegiatan akhir
B.
Jenis Tes
1.
Lisan
2.
Tertulis
C.
Bentuk
Tes
1.
Obyektif
( pilihan ganda )
2.
Subyektif
( isian , jawaban singkat )
D.
Alat
Tes
Lembar soal terlampir
E.
Kunci
Jawaban
F.
Criteria
Penilaian
I.
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Kapur termasuk benda…
a. padat
b. cair
c. gas
2. air termasuk benda
a. padat
b. cair
c. gas
3. air bila didinginkan akan
berubagh menjadi …
a. gas
b. cair
c. padat
II.
Isilah titik- titik dengan benar
1. Perubahan es menjadi air
disebut….
2. Siruf, kecap , disebut
benda ….
III.
Jawablah dengan benar
1. Sebutkan 2 benda benar
Kunci Jawaban!
I.
1. a. 2. b. 3. c.
II.
1. mencair
2.
cair
III.
i. kapur
ii. batu
Langganan:
Postingan (Atom)