Jumat, 20 April 2012

RP (MAT)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas / Semester        : I / I
Waktu                         : I x pertemuan
Hari / Tanggal             :
Tempat Pelaksanaan  :

I.                    Standar Kompetensi
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
A.      Kompetensi Dasar
2.2. Menentukan lama suatu kejadian berlangsung
B.      Indikator
a.      Melalui penjelasan guru tentang benda siswa dapat menyebutkan berapa lama suatu kejadian berlangsung
b.      Melalui demontrasi dengan menggunakan jam siswa dapat membaca waktu dengan benar
c.       Melalui Tanya jawab tentang kegiatan sehari -  hari siswa menyebutkan contoh kegiatan yang berlangsung lama atau sebentar.

II.                  Kegiatan Belajar Mengajar
A.      Materi Pelajaran
1.      Suatu Pengukuran
2.      Membaca tanda waktu jam
B.      Metode
1.      Ceramah
2.      Demontrasi
3.      Pemberian Tugas
4.      Tanya Jawab

C.       Media dan Sumber
1.      Media
- Gambar kegiatan orang
- Jam
2.      Sumber
-          Joko Sugiarto 2007, Matematika kelas I, Jakarta, Erlangga hal 75 – 78
-          Buchori 2006, Matematika kelas I, Semarang, Aneka Ilmu hal 104 – 107

D.     Langkah- Langkah Pembelajaran
1.      Pra KBM
a.      Mempersiapkan alat dan media belajar
b.      Mengabsen siswa
2.      Kegiatan awal
Memberikan Apersepsi
-          Kamu berangkat daari rumah pukul berapa ?
-          Pukul berapa kamu sampai disekolah?
Meja termasuk benda
3.      Kegiatan Inti
a.      Secara klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru tentang berapa lama waktu yang digunakan untuk kegiatan
b.      Secara individu siswa dan guru,bertanya jawab tentang cara membaca jam
c.       Secara berkelompok siswa melakukan Demontrasi cara menunjukan perputaran jam.


4.       Kegiatan Akhir
a.      Siswa dan guru menyimpulkan materi pelajaran
b.      siswa mengerjakan tes formatif
c.       mengoreksi hasil pekerjaan siswa
d.      menganalisa hasil tes


5.      Tindak Lanjut
a.      Apabila 85% siswa telah memperoleh nilai …….. atau lebih KKM = …………., maka diberikan pengayaan
b.      Apabila 85% siswa belum memperoleh nilai maka diberikan perbaikan pada indikator yang belum tercapai.



III.                Evaluasi
A.      Prosedur
1.      Tes awal    :
2.      Tes proses             : ada pada kegiatan inti
3.      Tes akhir   : ada pada kegiatan akhir
B.      Jenis Tes
1.      Lisan
2.      Tertulis
C.      Bentuk Tes
1.      Obyektif ( pilihan ganda )
2.      Subyektif ( isian , jawaban singkat )
D.     Alat Tes
Lembar soal terlampir
E.      Kunci Jawaban
F.       Criteria Penilaian

teguh.gooo@gmail.com sirangkang













Tidak ada komentar: