MODUL 12
Kegiatan
Pembelajaran 3
MODEL – MODEL ALAT PENILAIAN PKn SD/MI
- Pengembangan alat penilaian kelas dalam PKn
Langkah
langkah yang harus dicermati oleh para pengembang soal antara lain:
1. Menyusun
spesifikasi tes
a. Menentukan
kompetensi dasar yang akan diukur.
b. Menyusun
kisi – kisi tes (format berisi tentang ; kompetensi dasar; materi pembelajaran;
pengujian yang berisi jenis tagihan; indikator dan bentuk soal dan contoh soal)
2. Menulis
saat tes ( mengacu pada kisi-kisi dan sesuai indikator dan bentuk tes )
3. Menelaah
soal tes ( dilakukan oleh teman sejawat, yang meliputi materi kontruksi dan
bahasa)
4. Melakukan
uji coba tes.
5. Menganalisis
butir soal tes.
6. Memperbaiki
soal tes.
7. Merakit
soal.
8. Melaksanakan
tes.
9. Menganalisis
hasil tes.
- Model – Model Alat Penilaian PKn SD/MI
1. Model
Penilaian Perbuatan.
2. Model
Penilaian Skala Sikap.
3. Model
penilaian Daftar Cek.
- Model Penilaian Catatan Anekdot
Yaitu catatan
– catatan kejadian khusus yang dapat dipergunakan untuk melihat perkembangan
individu atau kelompok siswa.
- Model –Model Penilaian Daftar Cocok
Adalah suatu daftar yang berisi pernyataan – pernyataan tentang suatu
permasalahan yang dapat berkaitan dengan pihak bahasan/ subpokok bahasan yang
disampaikan pada siswa
Contoh: daftar
cocok guru dalam pendidikan moral
- Model Penilaian Skala Bertingkat (Numerical Rating Scale)
Adalah alat
penilaian non-tes untuk mengukur karakteristik tertentu sebagaimana di harapkan
mencul dalam diri siswa, (tipe rating
scale)
- Model Penilaian Sosiometri
Adalah alat penilaian non-tes yang bertujuan untuk melihat sampai
dimana sikap sosial siswa dikelas, terutama terhadap teman (sosiometri)
Sosiometri adalah suatu teknik untuk mendapatkan informasi tentang
struktur hubungan sosial anggota kelompok dalam suatu kelompok formal (kelas, kantor,organisasi) atau kelompok
non- formal (kelompok bermain, regu olah
raga, kesenian)
- Model Penilaian Pedoman Wawancara (interviu)
Merupakan teknik pengumpulan data akan kemampuan belajar siswa yang
dilakukan secara lisan.
Interviu
dikenal ada 2 cara yaitu:
-
Interviu langsung adalah wawancara yang
dilakukan dengan sumber utama atau siswa yang akan diselidiki untuk menggali
data tentang dirinya;
-
Interviu tak langsung adalah jika pertanyaan
diajukan kepada siswa lain dan di minta untuk memberikan informasi tentang
seorang siswa;
- Model Penilaian Daftar Baik Buruk
Cermat menentukan pilihan dari setiap pernyataan apakah baik atau
buruk menurut penilaian anda, dan berikan alasan diantara baik dan buruknya.
- Model Penilaian Daftar Tingkat Urutan
Bacalah butir urutan pernyataan secara cermat dan teliti kemudian
tentukan angka atau nilai pilihan sesuai dengan skala prioritas yang anda
tentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar