Kamis, 12 April 2012

MODEL – MODEL ALAT PENILAIAN PKn SD/MI


MODUL 12
Kegiatan Pembelajaran 3


MODEL – MODEL ALAT PENILAIAN PKn SD/MI
  1. Pengembangan alat penilaian kelas dalam PKn
Langkah langkah yang harus dicermati oleh para pengembang soal antara lain:
1.       Menyusun spesifikasi tes
a.       Menentukan kompetensi dasar yang akan diukur.
b.       Menyusun kisi – kisi tes (format berisi tentang ; kompetensi dasar; materi pembelajaran; pengujian yang berisi jenis tagihan; indikator dan bentuk soal dan contoh soal)
2.       Menulis saat tes ( mengacu pada kisi-kisi dan sesuai indikator dan bentuk tes )
3.       Menelaah soal tes ( dilakukan oleh teman sejawat, yang meliputi materi kontruksi dan bahasa)
4.       Melakukan uji coba tes.
5.       Menganalisis butir soal tes.
6.       Memperbaiki soal tes.
7.       Merakit soal.
8.       Melaksanakan tes.
9.       Menganalisis hasil tes.
  1. Model – Model Alat Penilaian PKn SD/MI
1.       Model Penilaian Perbuatan.
2.       Model Penilaian Skala Sikap.
3.       Model penilaian Daftar Cek.
  1. Model Penilaian Catatan Anekdot
Yaitu catatan – catatan kejadian khusus yang dapat dipergunakan untuk melihat perkembangan individu atau kelompok siswa.
  1. Model –Model Penilaian Daftar Cocok
Adalah suatu daftar yang berisi pernyataan – pernyataan tentang suatu permasalahan yang dapat berkaitan dengan pihak bahasan/ subpokok bahasan yang disampaikan pada siswa
Contoh: daftar cocok guru dalam pendidikan moral


  1. Model Penilaian Skala Bertingkat (Numerical Rating Scale)
Adalah alat penilaian non-tes untuk mengukur karakteristik tertentu sebagaimana di harapkan mencul dalam diri siswa, (tipe rating scale)

  1. Model Penilaian Sosiometri
Adalah alat penilaian non-tes yang bertujuan untuk melihat sampai dimana sikap sosial siswa dikelas, terutama terhadap teman (sosiometri)
Sosiometri adalah suatu teknik untuk mendapatkan informasi tentang struktur hubungan sosial anggota kelompok dalam suatu kelompok formal (kelas, kantor,organisasi) atau kelompok non- formal (kelompok bermain, regu olah raga, kesenian)
  1. Model Penilaian Pedoman Wawancara (interviu)
Merupakan teknik pengumpulan data akan kemampuan belajar siswa yang dilakukan secara lisan.
                Interviu dikenal ada 2 cara yaitu:
-          Interviu langsung adalah wawancara yang dilakukan dengan sumber utama atau siswa yang akan diselidiki untuk menggali data tentang dirinya;
-          Interviu tak langsung adalah jika pertanyaan diajukan kepada siswa lain dan di minta untuk memberikan informasi tentang seorang siswa;
  1. Model Penilaian Daftar Baik Buruk
Cermat menentukan pilihan dari setiap pernyataan apakah baik atau buruk menurut penilaian anda, dan berikan alasan diantara baik dan buruknya.
  1. Model Penilaian Daftar Tingkat Urutan
Bacalah butir urutan pernyataan secara cermat dan teliti kemudian tentukan angka atau nilai pilihan sesuai dengan skala prioritas yang anda tentukan.


               


Tidak ada komentar: