Kamis, 12 April 2012

Penggunaan Model Alat Penilaian PKn SD/MI Berbasis Portofolio

Penggunaan Model Alat Penilaian PKn SD/MI Berbasis Portofolio
Fortofolio berasal dari bahasa inggris portofolio, berarti kumpulan hasil karya yang menyajikan kemajuan pencapaian dan prestasi masing –masing siswa yang mencakup. Azis wahab (1999:2) mendefinisikan portofolio penilaian sebagai sebuah laporan tentang proses belajar siswa : sebuah kumpulan hasil kerja siswa yang menunjukan kepada siswa atau orang lain tentang hasil kerja siswa yang lelah dicapai dalam satu atau lebih bidang – bidang. Portofolio dalam fungsinya sebagai alat penilaian mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu:
 a. Kelebihan;
1. Memungkinkan pendidik mengakses kemampuan peserta didik untuk membuat, menulis, menghasilkan berbagai tugas akademik.
2. Memungkinkan pendidik menilai ketrampilan /kecakapan peserta didik.
3. Mendorong kolaborasi antara peserta didik dengan pendidik, antara peserta didik dengan peserta lainya. 4. Memungkinkan pendidik mengintervensi proses dan menentukan dimana pendidik tersebut perlu membantu.
5. Mampu merefleksikan perubahan penting dalam proses kemampuan intelektual siswa dari waktu kewaktu. 
6. Menunjukan prestasi akademik dan memotret kompetensi siswa. 
b. Kelemahan;
1. Memerlukan waktu relatif lama; 
2. Pendidik harus tekun, sabar, dan terampil; 
3. Tidak ada kriteria yang standar;

Tidak ada komentar: